cover
Contact Name
Galih Dani Septiyan Rahayu
Contact Email
galih040990@ikipsiliwangi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
galih040990@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
ABDIMAS SILIWANGI
ISSN : 26147629     EISSN : 26146339     DOI : -
Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as well as the results of dedication to the community in the field of formal education, nonformal and informal.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023" : 25 Documents clear
Pendampingan belajar pada sekolah yang terdampak gempa di Cianjur melalui program GISMA Yanuarti Apsari; Anastasya Permatasari Putri; Anita Puteri Setiadi; Andini Fitriani Ridwan; Fanny Nur Fazriah; Mutia Amelia Rosadi; Rika Yunia
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17123

Abstract

Gempa bumi di kabupaten Cianjur telah merusak banyak sekolah-sekolah sehingga mengakibatkan roses Kegiatan Belajar Mengajar terganggu. Salah satu bentuk pemulihan korban gempa cianjur adalah dengan memberikan pendampingan belajar bagi siswa-siswa di sekolah yang terdampak bencana. Kegiatan pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu membangun kembali semangat dan motivasi belajar bagi siswa korban gempa di SMPS PGRI Warungkondang, Cianjur. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap observasi, tahap perancangan dan pengembangan serta tahap pelaksanaan. Adapun kegiatan pendampingan belajar sendiri yang dilaksanakan di SMPS PGRI Warungkondang, tidak hanya membantu proses pembelajaran di kelas saja tetapi juga membantu kegiatan ekstrakulikuler seperti paskibra, pramuka, tari, voli, futsal, dan paduan suara. Hasil dari kegiatan ini adalah antusiasnya anak-anak dalam mengikutyi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh tim GISMA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan belajar ini memberikan efek yang positif karena dapat menciptakan suasana menyenangkan bagi anak-anak korban pasca gempa di Kecamatan Warungkondang, Cianjur.
Program pendampingan ibu rumah tangga dalam meningkatkan ketahanan keluarga pasca bencana gempa Cianjur Novi Widiastuti; Arya Nugraha; Fiqri Firmansyah; Herrianto Herrianto; Mochamad Nur Rochman; Muhammad Nizar Sazidan; Yuda Hakim Permana
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17412

Abstract

Bencana gempa yang menimpa Kab. Cianjur memberikan dampak yang sangat berarti, salah satunya adalah runtuhnya ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga pada aspek fisik dan psikis tentunya menjadi sebuah kehrusan untuk dimiliki setiap keluarga dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang tidak pasti. Kehilangan anggota keluarga tentunya sangat memberikan efek negatif pada ketahanan keluarga, apalagi kehilangan kepala keluarga. IKIP SIliwangi melalui program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (Gisma) tahun 2023 melakukan pendampingan terhadap keluarga yang terdampak gempa secara langsung. Dengan metode pendampingan, pelatihan, dan trauma healing, diharapkan dapat memberikan warna baru dalam membantu korban bencana gempa melalui pengabdian pada masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan mahasiswa. Materi yang disampaikan dalam pendampingan adalah program parenting dan trauma healing melalui kegiatan Surat Cinta Untuk Diriku. Adapun hasil yang didapat adalah adanya semangat para ibu untuk bangkit dari bencana demi mempertahankan keutuhan keluarga dan perluasan aksesibilitas terhadap layanan konsultasi pengasuhan anak.Kata Kunci : Parenting , Pendampingan Keluarga, Ketahanan Keluarga
Pelatihan aplikasi gamifikasi interaktif berbasis budaya untuk meningkatkan minat siswa memproduksi karya bahasa Indonesia Iis Siti Salamah Azzahra; Yeni Rostikawati
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17444

Abstract

Artikel ini menjabarkan program pengabdian yang bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan gambaran tentang penggunaan aplikasi gamifikasi interaktif berbasis budaya tradisional bagi guru dan siswa di SMA Kota Cimahi. Hal ini dilatarbelakangi oleh salah satu permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang membutuhkan inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dalam memproduksi konten bahasa Indonesia khususnya yang berbasis teks. Guru khususnya harus dapat memilih dan menggunakan perangkat pembelajaran yang menarik dengan penggunaan teknologi dan juga aplikasi interaktif tetapi tetap memiliki nilai-nilai karakter berbasis budaya tradisional sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat memacu siswa dalam mengikuti pembelajaran dan menghasilkan output pembelajaran yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pendidikan dan pelatihan. Panduan serta pedoman penggunaan aplikasi serta cara membelajarkan yang diberikan pada pelatihan ini diharapkan mampu memberikan rujukan untuk guru maupun siswa dalam menghadirkan pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga siswa termotivasi untuk memproduksi konten bahasa Indonesia yang baik dan berkualitas sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Upaya peningkatan motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi di Desa Langkaplancar Kabupaten Pangandaran Jenal Abidin
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17503

Abstract

Seiring perkembangan zaman, peran pendidikan di perguruan tinggi sangatlah penting untuk menyiapkan siswa menjadi pribadi yang memiliki kemampuan untuk bisa mengembangkan dirinya lebih maju lagi. Berdasarkan hasil dari survey lapangan data siswa yang melanjutkan pendididikan keperguruan tinggi di desa langkaplancar masih kurang, serta motivasi mereka untuk melajutkan ke jenjang perguruan tinggi masih rendah. Kenyataannya saat ini di Desa Langkaplancar banyak lulusan SMA/sederajat yang memutuskan untuk tidak meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi, ada yang memilih untuk bekerja atau bahkan menganggur karena faktor ekonomi dan kurangnya motivasi melanjutkan. Salahsatu ikhtiar yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah diadakannya kegiatan Seminar Education Motivation Traning. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau ke perguruan tinggi dan untuk menumbuhkan kesadaran semua pihak khususnya orangtua dalam memberikan dukungan terhadap anak (siswa/siswi) agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau perguruan tinggi.Kata Kunci : Seminar, Motivasi, Pendidikan
Pemberdayaan homestay warga dalam mendukung keberlanjutan ekowisata Keranggan Rudy Pramono; Juliana Juliana; Ira B Hubner; Wulan Meiaya Wowor; Samuel Musa Liha
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17624

Abstract

Community service is an activity of practicing knowledge for the community in order to add insight and skills. The development of Kampung Keranggan ecotourism activities is showing encouraging results with the increasing number of visitors and activities being held at that location. However, there are still inadequate accommodation facilities for guests staying at these locations. Therefore this community service activity is carried out with the aim of: (1) Helping the community improve the quality of homestays (tourist lodges) as a means of educating tourists about the environment (2) Providing knowledge and skills for homestay owners / managers to be able to provide the best service and comfort for guests , in order to support the management of tourist villages and the welfare of the surrounding community. The results of community service activities can be concluded that the community's understanding of how to manage a homestay has increased, especially in maintaining the cleanliness and comfort of the home and how to manage food for homestay guests.
Sosialisasi penulisan surat dinas di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi yusril dava bayu
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17660

Abstract

Official/Formal letters already have clear formats and rules in writing, but in reality, mistakes are often found that are made repeatedly. Writing that is done in a template or following a previous writing pattern is one of the reasons why the error keeps repeating itself. The purpose of the official letter-writing training at the Department of Transportation Bekasi City is to provide an understanding of the department transportation employees, especially the administrative staff, about writing good and correct official letters. This community service program activity was carried out for two days, namely on 07 April 2023 which took place at the Department of Transportation Bekasi City Office. The administrative Staff of the Department of Transportation who participated in this official letter-writing training totaled 25 people. The socialization method used is direct lectures and questions/answers. Based on the initial identification through the writing process, the writing form of the activity participants still found many errors in spelling and sentences that were less effective, meaning that it is necessary to increase the application of Indonesian spelling in accordance with the current spelling. During the training, the participants and the community service implementation team conducted an evaluation and asked questions directly about the material that had been presented. Then, activity participants understand the mistakes and know the corrections have been submitted by the abdimas team so that participants can properly and correctly compose official letters in accordance with the General Guidelines for Indonesian spelling
Perencanaan pendampingan mutu lembaga PKBM di Kota Cimahi Cucu Sukmana; Dadang Yunus Lutfiansyah; Purnomo Purnomo; Eko Sulistiono
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17679

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan PKBM Ash-Shoddiq Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif sendiri menitikberatkan pada item-item yang mengandung makna subjektif dan definitif serta deskripsi penelitian berdasarkan skema dan pemikiran peneliti. Sumber data penelitian ini adalah tiga sumber yang terdiri dari sumber informasi yaitu ketua dan pemilik PKBM yaitu Dadang Lutfiansyah, M.Pd. Serta dua orang di sekitar PKBM yang bisa memberikan data. Untuk meningkatkan pengumpulan data lapangan, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi secara online dan pada bulan April 2021 dengan akses langsung ke penjaga objek penelitian dan media sosial objek penelitian. dan menggunakan teknik sampling yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh terkait dengan Pengelolaan PKBM meliputi tahapan pengelolaan yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan (Motivating), Pembinaan (Comforming), Penilaian (Evaluating), Pengembangan (Developing). Permasalahan PKBM adalah kurangnya sarana prasarana dan sarana (ruang kelas yang kurang, ruang kelas, tenaga pengajar, area site yang kecil). Hal ini dikarenakan keterbatasan dana dan tidak sebanding dengan letak fasilitas PKBM. Di tengah kawasan wisata yang sibuk. Ini dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara
Implementasi model kolaborasi pentahelix dalam pengembangan sumber daya manusia UMKM Muhammad Faisal Najmudin; Ace Suryadi; Asep Saepudin
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17681

Abstract

Di tengah pandemi covid-19 UMKM seharusnya dapat menghasilkan lapangan pekerjaan yang luas. Para pelaku UMKM mengharuskan sumber daya manusianya agar dapat bertahan dan unggul dalam persaingan. Untuk memaksimalkan UMKM diperlukan adanya kolaborasi yang melibatkan partisipasi dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan UMKM. Dengan adanya berbagai permasalahan terhadap pelaku UMKM di tengah covid-19, pengembangan sumber daya manusia pelaku UMKM merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas. Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk membantu pengembangan UMKM sebagai fasilitator dan inkubator. Pelaksanaan Pengabdian ini dilakukan di Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi dalam rangka pengembangan UMKM. Model kolaborasi pentahelix yang terdapat lima pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkolaborasi dalam pengembangan yakni pemerintah, akademisi, media, masyarakat dan sahabat UMKM, dan swasta. Hasil dari pengabdian ini terbentuknya Sahabat UMKM yaitu sebuah kelompok yang berupaya untuk membantu, mengarahkan, dan mendukung individu/kelompok UMKM mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, dan evaluasi dalam pengembangan usahanya dalam kolaborasi pentahelix yang dilaksanakan. Pengabdian ini merupakan langkah fundamental untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat.
Workshop media pembelajaran berbasis board games edukasi untuk guru SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan. Myrna Apriany Lestari; Eli Hermawati; Rini Ramdhania; Yani Fitriyani
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.17982

Abstract

Bermain merupakan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi. Dengan bermain anak mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan imajinasinya. Kegiatan bermain dapat menjadi sarana belajar untuk anak dan juga dapat menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengajar dan membimbing anak dalam banyak hal. Hal ini akhirnya mengharuskan setiap guru atau tenaga pendidik berusaha keras dalam mendidik mereka dengan membuat media yang berbasis permainan. Adapun salah satu bentuk permainan yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah board games. Board games diharapkan dapat menjadi salah satu permainan edukatif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktekan dan mengaplikasikan materi tanpa menghafal sehingga lebih mudah dipahami. Oleh sebab itu, program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan membuat media pembelajaran berbasis board games edukasi untuk disosialisasikan kepada guru-guru di SDN 2 Purwawinangun dan memberikan pelatihan langsung untuk mengaplikasikan media pembelajaran berbasis board games edukasi tersebut. Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan di SDN 2 Purwawinangun dan diikuti secara antusias oleh guru-guru, ada empat media board games yang dipresentasikan dan dipraktikan bersama yaitu Monopoly, Ular Tangga, Ludo, dan Risk. Setiap media board game dibuat dengan setting tertentu disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan diberikan oleh guru pada pertemuan tersebut. Pada board games terdapat beberapa kelebihan  yang tidak ada pada jenis game lainnya seperti aturan pada permainan yang membuat anak belajar menaati aturan yang ada dan belajar kedisiplinan, memicu interaksi sosial antar pemain, melatih anak bagaimana menjalani kehidupan bermasyarakat, dan lain sebagainya.
Peran artificial intelegent terhadap peningkatan kreativitas siswa dengan menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Nur Sucahyo; Usanto Usanto; Adi Sopian
Abdimas Siliwangi Vol. 6 No. 3 (2023): Oktober 2023
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v6i3.18078

Abstract

Artificial Intelligence (AI) menjadi semakin luas dan tidak terkecuali di dunia pendidikan. AI dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa, termasuk dalam bidang kreativitas. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berbasis AI. Para siswa di sekolah SMA Tunas Harapan Jakarta, belum ada yang menggunakan aplikasi untuk Program Peran Artificial Intelligence (AI) terhadap peningkatan kreativitas siswa. Diperlukan suatu kegiatan berupa Pengabdian kepada Masyarakat dalam memberikan penyelesaian dalam permasalahan terutama bagaimana proses metakognitif scaffolding siswa SMA dalam memecahkan masalah integral dengan menggunakan aplikasi photomath pada E-Learning AI. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memahami secara mendalam bagaimana proses metakognitif siswa SMA dalam memecahkan masalah integral dengan menggunakan aplikasi photomath pada melalui E-Learning AI. Aplikasi photomath sebagai alat bantu yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah integral dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan dan bisa dikembangkan pada kurikulum sekolah.

Page 1 of 3 | Total Record : 25